Pejabat Pemkab Haltim Bebas Narkoba

MABA-Pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim) dinyatakan bersih dari penggunaan narkotika dan obat terlarang. Hal ini sesuai hasil uji urine yang diserahkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara ke Pemkab Haltim beberapa waktu lalu.

“Dari 33 pejabat yang dites hasilnya semua negatif. Buktinya ada sama saya. Nanti saya perlihatkan,” beber Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Haltim, Ir Moh Abdu Nazar, Jumat (17/2) pagi pada wartawan.

Seraya memberi apresiasi atas hasil uji tersebut, Sekkab sendiri menepis adanya unsur intervensi dalam hasil uji yang dilakukan BNNP ini. “BNN ini lembaga independen negara yang tidak lagi diragukan kapabilitasnya. Dan ini sepenuhnya murni hasil uji mereka (BNNP Malut, red),” ucap mantan Kepala Bappeda Haltim itu.

Sebelumnya dalam sebuah kesempatan, Bupati Haltim H Rudy Erawan SE MSi pernah menegaskan akan mempublikasi secara transparan hasil tes urine pejabatnya. Tujuannya agar publik juga mengetahui apakah pejabatnya bersih dari narkoba atau tidak. “Kita transparan. Bila perlu hasilnya difoto wartawan untuk dipublikasikan,” tegas Bupati Haltim.

Dikatakan orang nomor satu Pemkab Haltim itu, jika hasil pemeriksaan ada yang terindikasi narkoba, maka pejabat tersebut bakal dievaluasi. “Saya tidak segan-segan akan menindak tegas pejabat yang terlibat narkoba,” janji Bupati saat itu.

Sebelumnya, dalam pakta integritas yang ditandatangani para pejabat saat dilantik, termasuk juga menyatakan diri bebas dari narkotika dan obat-obat terlarang yang diikuti dengan uji urine untuk tes narkoba yang dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya. (hmc)