Wabup Terima Kubermas Unkhair

MABA-Kegiatan Kuliah Bersama Masyarakat (Kubermas) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, yang dilaksanakan di kabupaten Halmahera Timur (Haltim), resmi dimulai. Wakil Bupati Haltim Ir Muhdin Hi Ma’bud berkesempatan untuk menyambut rombongan Kubermas kali ini di aula kantor Bupati Haltim, Jumat (25/2/2017) sore.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan kedatangan mahasiswa Kubermas Unkhair di Haltim bisa terlaksana ini berkat koordinasi Bupati, Wakil Bupati dan Sekkab Haltim dengan pihak Rektorat Unkhair. “Alhamdulillah itu tercapai,” ujar Wabup di awal sambutannya.

Masyarakat Haltim, kata Wabup, sudah sangat maju dan terbuka. Untuk itu, dia berharap agar mahasiswa tidak usah takut untuk mengabdi dan berbagi dengan masyarakat. “Masyarakat kita sudah berkembang. Adik-adik mahasiswa silahkan mengabdi dan berkarya sesuai tugas kalian,” katanya.

Wabup Muhdin juga mengingatkan pada mahasiswa bahwa untuk pelayanan bidang pendidikan dan kesehatan di Haltim diberlakukan secara gratis. “Jika ada yang sakit, silahkan berobat di rumah sakit atau puskesmas terdekat,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang dirampung, sebanyak 110 mahasiswa peserta Kubermas akan ditempatkan di dua kecamatan yakni Kota Maba dan Maba Selatan dimana per desanya 10 orang. Masing-masing di enam Desa dalam Kota Maba serta lima desa di Maba Selatan,.

Kegiatan Kubermas akan berlangsung selama dua bulan kedepan. Sebelum berada di Haltim, mereka telah mengikuti pembekalan di kampus, sehingga program kerja selama kegiatan berlangsung akan diterapkan di lapangan.

“Ada tiga program yang akan dilaksanakan. Diantaranya penanggulangan bencana, penataan administrasi desa serta pendidikan di luar sekolah. Itulah tugas utama peserta Kubermas. Selain itu, ada kegiatan tambahan yang akan disesuaikan di lapangan,” ucap Aswir Hadi SE MSi selaku dosen pendamping Kubermas pada wartawan. (hmc)