Bupati: Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan

MABA-Program pendidikan gratis bagi siswa sekolah yang diterapkan oleh Pemerintah kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim) dibawah kepemimpinan Bupati H Rudy Erawan SE MSi bersama wakilnya Ir Mudin H Ma’bud sejak 2010 lalu, dirasakan belum cukup untuk meningkatkan mutu pendidikan tanpa dibantu dengan penyediakan infrastruktur sekolah.

Menyadari hal itu, pasangan kepala daerah yang dikenal dengan tagline Rudy-Din itu akan terus bekerja keras menaikkan taraf kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menyediakan sarana prasaran serta insfrastruktur sekolah baik dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga ke SLTA sederajat.

“Target kami (Rudy-Din) diawal pemerintahan saat periode pertama dulu (2010-2015), setiap kecamatan harus ada SMA. Alhamdullah sudah tercapai. SMP sampai TK juga akan kami upayakan untuk terus dibangun,” kata Bupati Haltim saat memberi di sambutan sebelum meresmikan USB SMP Negeri 12 Haltim di Desa Dodaga, kecamatan Wasile Timur, Kamis (2/3/2017) siang.

Meskipun Haltim berada paling timur di pulau Halmahera, lanjut Bupati, bukan berarti menjadikan masyarakatnya harus ikut ketinggalan informasi terutama di bidang pendidikan. Bahkan orang nomor satu Pemkab Haltim ini berharap, mutu pendidikan di daerahnya harus jauh lebih bagus ketimbang di daerah lainya.

“Harapan saya, mutu pendidikan di Haltim masuk tiga besar dari semua kabupaten dan kota yang ada di provinsi Maluku Utara,” beber Bupati yang juga ketua PDI Perjuangan Maluku Utara itu.

Bupati dua periode ini juga berjanji, akan menyekolahkan siswa-siswi lulusan SMA sederat ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, ada beberapa syarat yakni harus lulus dengan nilai yang sangat memuaskan serta kategori orang tua tidak mampu.

“Jika ada siswa yang memenuhi syarat tersebut, agar segera dilaporkan ke Dinas Pendidikan untuk ditindaklanjuti,” pinta Bupati.

Belum lama ini, Bupati Haltim juga telah meresmikan SMP Negeri 7 Satap Maba di desa Babasaram Kecamatan Maba Tengah, sebelum meresmikan dua sekolah yakni Unit Sekolah Baru (USB) SMP Negeri 12 Wasile di desa Dodaga Kecamatan Wasile Timur dan SMP Negeri 7 Satap Wasile di desa Foli Kecamatan Wasile Tengah. (abi/fdj)