Kepala BP4D Buka Musrenbang Kecamatan se-Kabupaten Haltim

MABA-Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan dalam wilayah kabupaten Halmahera Timur (Haltim) resmi digelar. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Haltim, Ricky Chairul Richfat ST MT, berkesempatan membuka secara simbolis kegiatan Musrenbang Kecamatan di Maba, Seninn (6/3/2017) pagi.

Di hadapan peserta Musrenbang kecamatan, dalam sambutannya, Kepala BP4D Haltim mengatakan, Musrenbang merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga pusat. Khusus untuk tingkat kabupaten, akan dilanjutkan dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang akan membahas seluruh usulan yang masuk dari kecamatan.

“Untuk itu diharapkan Musrenbang Kecamatan mampu menghadirkan usulan program dan kegiatan yang benar-benar menjadi kebutuhan serta prioritas arah kebijakan pembangunan kabupaten yang benar-benar hadir berdasarkan usulan aspirasi masyarakat termasuk,” kata Kepala BP4D.

usai mengikuti pembukaan di kecamatan Maba, Kepala BP4D dan rombongan berkesempatan meninjau sekaligus memberikan sambutan dan tatap muka dengan peserta kegiatan Musrenbang Kecamatan Maba Tengah yang dipusatkan di Kantor Camat setempat.

Dalam arahannya, Kepala BP4D berpesan, agar Musrenbang kecamatan bisa menjadi wadah bersinergi program kegiatan dan menyepakati usulan dari masing-masing desa untuk menjadi prioritas kecamatan.

“Hadir bersama saya pula, delegasi dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) teknis terkait guna mendengarkan langsung usulan yang disampaikan dalam Musrenbang sehingga bisa dilihat skala prioritasnya,” tutur Kepala BP4D.

Kegiatan Musrenbang kecamatan sendiri dijadwalkan akan berlangsung hingga 8 Maret nanti dimana akan ditutup di kecamatan Maba Utara. Sementara yang melaksanakan Musrenbang di hari pertama adalah kecamatan Kota Maba, Maba Selatan, Maba, dan Maba Tengah. Di tanggal 7 Maret akan dilaksanakan di kecamatan Wasile, Wasile Timur, Wasile Tengah dan Wasile Selatan. Sedangkan kecamatan Wasile Utara akan dilaksanakan pada Rabu, 8 Maret kecamatan yang melangsungkan Musrenbang adalah Wasile Utara. (fdj)