Rayakan HKN ke 53, Pemda Gelar Germas Hidup Sehat

MABA-Dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional yang ke-53 tahun 2017, Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim), Jumat (10/11/2017), bertempat di Pondopo Jiko Mobon, Desa Soagimalaha, Kecamatan Kota Maba, menggelar beberapa rangkain kegiatan yang berbaur Gerakan Masyarakat hidup sehat, dengan melibatakan masyarakat Kota Maba serta Pegawai Negeri Sipil di lingkup Pemkab Haltim.

“Pemda mersepon baik dengan kegiatan Germas, karena ini memberikan suatu pelajaran kepada masyarakat dan PNS. Mudah-mudahan kegiatan ini semakin ditingkatkan serta lebih banyak melibatkan masyarakat, sehingga pola hidup sehat lebih baik”,Harapnya

Sementara Kepala Dinkes Haltim, dr Vita Sangaji mengatakan, kegiatan hari ini (kemarin) dalam rangka memeriahkan HKN ke 53 tahun 2017 dengan tema Sehat Keluargaku dan Sehat Indonesiaku, untuk itu Dinkes Haltim melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait, dengan tujuan melakukan Germas.

“Kegiatan Germas ini ada jalan sehat, kampanye Kota bersih, senam sehat, kampanye budayakan makan sayur dan buah, pemeriksaan kesehatan diantaranya pemeriksaan kolekstrol, asam urat, gula, tinggi badan dan berat badan, deteksi dini dan ada juga deprasi atau hadiah,” kata, Vita.

Kata dia, Dinkes Haltim melakukan kegiatan Germas ini yakni pola hidup sehat dimulai dari keluarga. Karena ada 12 indikator dalam kegiatan Germas termasuk tidak merokok didalam ruangan, makan sayur dan buah dan ada beberapa pemeriksaaan kesehatan.

“Intinya kita galangkan supaya nanti masyarakat memulai pola hidup yang baik mulai dari keluarga. Saya juga berterima kasih kepada sponsor-sponsor, Panitia dan masyarakat yang terlibat langsung dari kegiatan Germas dimulai dari keluarga. Sementara untuk upacara HKN akan pusatkan di halaman kantor Bupati pada Senin (13/11) lusa,”pungkasnya.

Sekedar diketahui, Sponsor dalam kegiatan Germas ini diantaranya, PT Antam Tbk Buli, PT Weda Bay, PT Adhita, PT Iklhas Bangun Sarana, serta organisasi propesi mulai dari Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Apoteker, Persatuan Serjana Kesehatan Masyarakat. Sementara disela-sela kegiatan tersebut Dinkes juga memberikan undian hadiah utama yakni, 1 unit Sepeda, TV Samsung dan Mesin Cuci serta hadiah lainya kepada masyarakat yang mendapat pemenang nomor undian. (Humas)