Pemkab Gelar Upacara Peringati HKN ke 53

HALTIM-Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53, yang jatuh pada tanggal 12 November, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim), yang sebelumnya telah melakukan perayaan HKN dengan sejumlah kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), hari ini dilakukan upacara peringati HKN, yang dipimpin langsung Bupati Haltim, Rudy Erwan.

Dalam sambutan Menteri Kesehatan, yang dibacakan Bupati Haltim, Rudy Erawan, menyampaikan, berdasarkan tema yang diangkat, yakni Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku, merupakan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Diketahui bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah PERILAKU keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu, dan Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan dan lingkungan keluarga , yang dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang”. Pungkasnya 

Untuk itu, perlu  berupaya membudayakan perilaku bersih dan sehat masyarakat khususnya di lingkungan keluarga. Program lain yang didorong adalah GERMAS, sebab  dengan GERMAS dapat mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

“Dengan mendorong program Indonesia sehat melalui  pendekatan keluarga dan GERMAS, kami akan berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventiv yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sehingga tercapai masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional,” Jelasnya 

Seraya menambahkan, dalam peringataan HKN ke 53 ini,  menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Kementerian Kesehatan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan Kesehatan. 

“Oleh karenanya, pada peringatan HKN ke-53 ini selain yang diselenggarakan kegiatan Kementerian Kesehatan, seperti Upacara, Tabur Bunga, untuk para Pahlawan, Seminar Kesehatan Parde Dokter, Pameran, Car Free Day, Jalan Sehat, Sepada Sehat dan berbagai Lomba”.Terangnya 

“Saya mendorong agar peringatan HKN ke-53 ini juga dimeriahkan oleh seluruh jajaran kesehatan dan kementerian/Lembaga terkait Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota UPT Pusat dan Daerah, serta organisasi Kemasyarakatan. Tentunya buku panduan HKN ke-53 ini dalam panduan dijadikan penyelenggaraan peringatan HKN tersebut”. Jelasnya

Maka dari itu, dirinya mengajak semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga, yang sehat mulai dari diri sendiri dan  lingkungan keluarga. Sebab diwujudkan melalui keluarga-keluarga yang sehat, dapat membentuk masyarakat sehat.

“Mari berperilaku hidup bersih dan sehat, agar dapat mewujudkan masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat dengan pendekatan keluarga dan gerakan masyarakat untuk hidup sehat”.Harapnya (humas)