Rudy Terima Piagam Penghargaan Opini WTP

HALTIM-Atas diraihanya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan atas keberhasilan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2016, Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Rudy Erawan, menerima piagam penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, pada Selasa (14/11/2017) di Gamalama Room, Hotel Grand Dafam Bela Ternate.

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) menganugerahkan piagam penghargaan kepada pemerintah kabupaten/kota yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), satu di antaranya Kabupaten Halmahera Timur (Haltim).

 

Bupati Haltim didampingi Kepala Inspektorat Endah Nurhayati dan Kepala BP4D Ricky Ch Richfat dan Kadis Keuangan Firdaus Duka, menerima penganugerahan piagam penghargaan tersebut dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, Tri Budhianto.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, Tri Budhianto, menjelaskan, dari Kementerian Keuangan khusus memang memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang mendapatkan WTP. Sebab, pemerintah daerah dianggap sudah melaksanakan semua kegiatannya dengan baik, sehingga bisa mencapai pencapaian standar tertinggi dalam akutansi dalam proses akuntabilitas.

“Ini ada imbasnya sebetulnya. Salah satu transfer daerah, itu dana intensif daerah salah satu syaratnya adalah Opini WTP cukup disamping persyaratan lainnya. Ini menjadi salah satu kriteria pemerintah daerah untuk mendapat dana intensif daerah. Jadi tidak hanya sekedar penghargaan sebetulnya,” terangnya.

Atas nama menteri keuangan, Tri mengapresiasi atas perolehan WTP enam kabupaten/kota ini dan agar Opini WTP bisa tetap dipertahankan dari tahun ke tahun.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Halmahera Timur, Rudy Erawan, menyatakan perolehan Opini WTP merupakan yang pertama kali untuk Haltim. Sebab dirintis bukan dalam waktu singkat sejak lama dirintis dari disclaimer kurang lebih 5 kali, terus WDP kurang lebih 5 kali, dan  sekarang baru WTP.

“Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada BPK tim pemeriksaannya. Juga kepada segenap pimpinan SKPD dan jajarannya sudah bekerja dengan baik, membuat laporan keuangan dengan baik, pertanggungjawaban keuangan dengan baik, menyusun laporan keuangan dengan baik sehingga dapat peringkat tertinggi WTP dan terakhir berterima kasih kepada segenap masyarakat Halmahera Timur yang turut mendoakan bisa berhasil dalam pengelolaan keuangan daerah dengan lebih baik,” katanya.

Perlu diketahui, Pemda Haltim dibawah kepemimpinan Rudy Erawan selama dua periode kepemimpinannya, memerlukan waktu cukup lama untuk mendapatkan WTP. Pada periode pertama kepemimpinannya sempat 2 kali mendapatkan disclaimer. Kemudian pada 2012-2015 berhasil meraih WDP. Sehingga pada periode kedua kepemimpinan Rudy Erawan di tahun 2016 berhasil memperoleh Opini WTP dalam pengelolaan keuangan daerah. (HUMAS)