Cegah Banjir, Pemda Akan Lakukan Normalisasi Sungai

HALTIM-Dusun Gao dan  Desa Gamesan  Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), yang menjadi korban bencana banjir akibat hujan deras pada Rabu malam (22/11/2017). untuk itu dalam mencegah banjir, Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) akan melakukan normalisasi sungai sekaligus pembangunan bronjong dibeberapa titik.

Hal ini dikatakan Bupati Rudy Erawan, saat melakukan kunjungan beserta rombongan, pada Kamis  (23/11/2017) di dua desa yang terdampak banjir. Dalam kunjungan tersebut, saat dirinya melihat kondisi dilapangan yang  perlu adanya penanganan serius dalam mencegah banjir, sehigga itu ia meminta agar  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Haltim, untuk melakukan pembangunan bronjong dan normalisasi sungai di beberapa titik yang menjadi sumber terjadinya luapan air dari sungai.

Tak hanya itu, dirinya juga memperintahkan kedua instansi tersebut, untuk melakukan peninjauan lapangan dan membuat peta, untuk bisa mengetahui dititik sungai mana yang mengakibatkan terjadi luapan air sungai saat terjadinya banjir banda.

“Jadi nanti PUPR dan BPBD menyelusuri sungai di belakang Dusun Gao, guna mencari tau titik-titik mana saja yang sering terjadi luapan air sungai saat terjadi hujan banda, jika sudah mendapat titiknya maka akan dilakukan bronjong,” Katanya diselas-sesla peninjaun sungai di belakang Dusun Gao.

Dalam menanggapi hal ini, pihak PUPR sendiri mengaku jika apa yang menjadi kebutuhan yang emergensi ini, tetap akan diperhatikan, untuk setelah dilakulan peninjaun di sungai, dan sudah menemukan titik-titik permasalahannya maka langsung dilakukan bronjong untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan saat hujan deras.

“Jadi nanti kami bersama BPBD melakukan  peninjauan lokasi dulu, baru dilakukan pekerjaan secepatnya, apalagi ini sangat emergengsi,” Kata Kadis PUPR  Haltim Revolino Merbas.

Sekedar dikatehui, banjir banda yang menimpa dusun gao dan desa Gamesan, pada Rabu malam,  mengalami kerusakan dibeberapa rumah  di dusun dan desa tersebut, sehingga dalam kejadian itu, warga di Desa Gaseman sempat diungsikan di Gudung Putih Buli, namun kini warga telah dikembalikan ketempat  masing-masing, oleh pihak Kecamatan Maba dan BPBD Haltim(Humas)