Tingkatkan Skill Petugas Kesehatan, Dinkes Gelar Pelatihan Survelans Gizi

HALTIM-Dalam meningkatkan keterampilan dan Skill petugas kesehatatan Gizi, yang tersebar di setiap puskesmas yang ada di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Dinas Kesehatan (Dinkes) Haltim, menggelar Pelatihan Petugas Gizi dengan tema “Survelans Gizi”, bertempat di Penginapan Marfa Desa Soagimala Kecamatan Kota Maba, Kamis (23/11/2017),

 Kadinkes Haltim dr Vita Sangaji mengaku, pelatihan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan Skill petugas kesehatatan Gizi di Puskesmas, sehingga di setiap Puskesmas-Puskesmas dapat melaksanakan suatu proses perencanaan.

“Juga bisa melakukan verifikasi pendataan dan pelaporan yang detail serta dapat melakukan scraning awal terhadap pasien dengan kasus gizi,” katanya.

selain itu juga, lanjutnya,  salah satu indikator kinerja juga pencatatan laporan yang baik dari petugas Gizi Puskesmas dengan melihat perubahan verifikasi scraning bisa mempengaruhi tenaga kesehatan khususnya petugas Gizi.

“Jadi kami lakukan pelatihan sehingga terjadi peningkatan kapasitas, kualitasnya jumlah petugas gizi dan juga kualitas petugas gizi,” Terangnya 

Vita juga mengakui jika ada beberapa Puskesmas yang belum mendapatkan pelatihan untuk pemantauan status Gizi petugas Gizi Puskesmas, untuk itu agar mendapatkan keseragaman laporan yang tepat, efisien dan efektif sehingga dilakukan kegiatan ini.

“Kegiatan ini dikuti 32 peserta Gizi dari 16 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di Haltim dan  setiap puskesmas itu perwakilan dua petugas. (Humas)