Rampungkan Perekaman E-KTP 99%, Plt Gubernur Apresiasi Pemkab Haltim

HALTIM – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku Utara, M Hatsir Thaib memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) atas upaya dan kerja kerasnya dalam melakukan perekaman E-KTP.

Natsir menyatakan, bahwa dari 10 kabupaten/kota, Kabupaten Halmahera Timur merupakan tertinggi dalam melakukan perekaman E-KTP. Dengan wajib E-KTP sebanyak 60.446 jiwa dan yang sudah melakukan perekaman sebanyak 60.177 jiwa atau sebesar 99 persen.

Ia berharap, keberhasilan Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur ini dapat dijadikan contoh serta kunci bagi kabupaten/kota lainnya di Maluku Utara.

“Saya memberikan apresiasi atas upaya dan kerja pemerintah Kabupaten Halmahera Timur terhadap perekaman E-KTP di wilayahnya. Ini bisa menjadi contoh dan kunci dari Halmahera Timur (bagi kabupaten/kota lain) karena kendala dan problem (kabupaten Halmahera Timur) yang sama juga dengan daerah lain,” katanya saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi gubernur dan bupati/walikota se Provinsi Maluku Utara, bertempat di Gamalama Ballroom Grand Dafam Bela Ternate, Kamis (22/03/2018).

Selanjutnya, M Natsir juga menginstruksikan, pemerintah kabupaten/kota lainnya untuk melakukan jemput bola. Dengan cara mendatangi langsung desa-desa, kecamatan dan sejumlah tempat keramaian. Dan, segera memperbaiki peralatan di kecamatan jika terdapat kerusakan.

Kemudian, bupati/walikota agar dapat mengalokasikan dana pengadaan perangkat KTP elektronik melalui APBD kabupaten/kota masing-masing.

“Hal ini sesuai ketentuan pasal 3 ayat 1 Perpres Nomor 112 tahun 2013 tentang perubahan keempat atas Pepres Nomor 26 tahun 2009 tentang penerapan KTP berbasis NIK secara nasional,” tuturnya. (Humas)