Pelepasan Tim Persi Haltim pada Piala Soeratin u-17

MABA– Plt Bupati Kabupaten Halamhera Timur (Haltim) Ir Muh’Din Mabud melepas Persi Haltim U-17 untuk mengkuti Laga piala Soeratin Tingkat Nasional yang dilaksanakan 27 januari sampai 10 februari 2019 di Kota Batu Malam Jawa Timur.

Lewat kesempatan itu, Ir Muh’Din Mabud pada sambutanya mengatakan, Sepak Bola adalah Cabang Olahraga yang harus dikembangkan, sehingga Pemda harus fokus pada pembuatan lapangan bola kaki disetiap kecamatan untuk menghasilkan bibit baru.

“Namun saya lihat cara berpikir masih poralis, buktinya setiap event ulang tahun Haltim event lainya hampir setiap Cabor dipertandingkan, kalau seperti kita tidak mendapat apa-apa percayalah. Maka dengan adanya persi Haltim yang sudah mengikuti dua kali pertandingan sepak bola dikanca nasional yakni 2016 masuk 8 besar dan insya allah 2019 masuk 4 besar, kiranya menjadi spirit bagi kami Pemda Haltim untuk kembangkan Sepak Bola di Haltim”harapnya.

 “untuk itu saya berharap kepada legeslatif dan eksekutif kiranya kedepan alokasikan anggaran untuk pembangunan sarana prasarana olahraga khususnya cabor bola kaki, karena bola kaki memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan dan kebanggaan haltim di masa akan datang”katanya.

Plt.Bupati bersama para Pesepak Bola PersiHaltim u-17

Sementara Ketua Harian Persi Haltim Ricky Chairul Richfat juga selaku Kepala BP4D Haltim itu mengatakan,terkait pembangunan sarana prasarana olahraga, untuk tahun anggaran 2019 Pemda masih fokus membangun stadion bola kaki di Kota Maba yang sementara dalam tahap pekerjaan, selain itu Pemda Haltim juga mengusulkan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga  untuk pembangunan lapangan bola kaki dan Gor di tingkat kecamatan. 

“Yang diusulkan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk pembangunan Gor dan Lapangan bola kaki tercatat empat kecamatan diantaranya Kecamatan Maba, Wasile, Wasile Timur dan Maba Tengah dari empat kecamatan ini kemungkinan disetujui Kemenpora yakni Kecamatan Maba dan Wasile. Dari usulan ini apabila belum memenuhi inspektasi, kami akan dorong ke APBD Perubahan 2019 untuk dua Kecamatan masing-masing Kecamatan Wasile Timur dan Maba Tengah, tetapi yang pasti sebelum masa akhir jabatan Bupati Ir Muh’Din Mabud semua kecamatan sudah dibangun lapangan bola kaki,”(BKS)