Kementrian ESDM resmi SPBU Maba Selatan

MABA – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jendral (Dirjen) BPH Minerba  Bambang Gatot Ariyanto Selasa,(26/2) kemarin meresmikan SPBU Kompak No.86978.13 di Desa Momole Kecamatan Maba selatan Kabuoatrn Halmahera Timur.

Kegiatan itu melalui program Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII dalam rangka menjalankanprogram bahan bakar minyak (BBM) satu harga di Maluku Utara. Unit Manager Comm dan CSR MOR VIII Maluku Papua, Brasto Galih Nugroho dalam siaran pers menyatakan Maba selatan merupakan salah satu wilayah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan).   Oleh karena itu pertamina menghadirkan SPBU di daerah itu.

Kata dia, Sebelum diresmikan, SPBU Kompak 86.976.13 ini telah di uji cobakan operasionalnya sejak September 2018 yang lalu. Secara sarana dan prasarana, SPBU Kompak ini dilengkapi dengan 1 unit nozzle untuk masing-masing produk dan satu mesin pompa digital untuk menyalurkan BBM. Kebijakan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dapat mengakselerasi pergerakan ekonomi setempat melalui akses mudah terhadap sumber energi. Dengan diresmikannya SPBU Kompak di Kecamatan Maba Selatan, maka warga sekitar dapat menikmati harga BBM yang sama dengan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Harga BBM di Lembaga Penyalur Pertamina mengacu kepada Keputusan Menteri ESDM No. 4738 Tahun 2016 yakni harga Premium Rp. 6.450/liter & harga Solar Rp. 5.150/liter.

” BBM di Kecamatan Maba Selatan dikirim dari Supply Point Terminal BBM Tobelo dan diangkut dengan menggunakan mobil tangki. Jarak yang ditempuh yakni sejauh 290 KM dengan waktu tempuh normal hingga 24 jam. Adapun setiap sebulan akan dipasok masing-masing sebanyak kuota maksimal 60 KL Premium dan 10 KL Solar,”bebernya.

Sementara itu, Plt Bupati Haltim dalam hal ini Asisten III Bidang Sosial dan Pemerintahan H.Tamrin Bahara pada kesempatan itu menyampaikan Maba Selatan adalah Kecamatan dimana memiliki rentan kendali dengan penyalur BBM yang cukup jauh oleh karena itu pihaknya menyetujui jika pertamina dapat menghadirkan SPBU di Maba Selatan.

“Karena Maba Selatan juga salah satu Kecamatan Di wilayah perbatasan Haltim – Halteng maka dengan hadirnya  SPBU ini dapat membantu kebutuhan warga di dua Kabupaten,” ujarnya.

Tamrin juga kepada kementrian ESDM dan Pertamina  meminta agar Haltim kedepan bisa dapat  lagi di bangunnya SPBU. Ia juga berharap Pertamina agar selalu memaksimalkan program seperti pembangunan SPBU bila perlu di Haltim.

Sementara itu Kementerian ESDM melalui Dirjen BPH Migas Bambang Gatot Ariyanto dalam sambutanya mengatakan saran dan permintaan dari pemkab Haltim terkait dengan pelayanan Minyak bahkan kata dia terkait dengan permintaan Asisten III, Pihaknya sudah membicarakan itu akan oleh sebab itu Akan dikoordinasikan dengan Kementerian. ” memang itu program kita dan berskala nasional maka banyak titik yang kami rencana akan bangun SPBU, namun ini teknisnya ada di Pertamina,”katanya.

Usai Menyampaikan Sambutan Dirjen Gatot langsung dipersilahkan menandatangani Prasasti Peresmian SPBU yang didampingi  Asisten III Bupati Haltim, Anggota DPR RI Komisi 7 Tjatur Sapto Edy, dan pihak Pertamina.

hadir dalam peresmian tersebut Region Manager Supply & Distribution VIII PT Pertamina (Persero) Salahuddin, Plt. Bupati Halmahera Timur yang diwakili Asisten 3 Bidang Hukum dan Pemerintahan Thamrin Bahara, Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Tjatur Sapto Edy, dan Dirjen Minerba Kementrian ESDM Bambang Gatot Ariyono,Kapolres Haltim AKBP Driyano Andri Ibrahim, Camat Maba Selatan Muhtar Muhamad, Kapolsek Maba Selatan IPDA Toha Alhadar dan pemerintah Desa di Kecamatan Itu. BKS