Haltim Lepas 84 Calon Jamaah Haji

MABA- Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur Melepas Calon Jamaah Haji (CJH) yang berjumlah 85 orang, pelepasan CJH ini dilakukan di Aula Kantor Bupati pada hari senin 08 Juli 2019.  Diketahui 85 CJH ini terdiri dari Kecamatan Kota Maba 18 Orang, Maba Selatan 3 orang, Maba 35 Orang, Wasile 13 Orang, Wasile Timur 11 orang, dan kecamatan Wasile Selatan 6 orang. Dari 85 CJH hanya 84 CJH yang diberangkatkan karena satu CJH asal Buli atas nama M Yusuf Muhammad batal berangkat karena Sakit.

Sementara Bupati Muhdin Mabud melalui Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Moh Abdu Nasar dalam acara pelepasan tersebut meminta 84 CJH  menjaga kesehatan fisik selama menjalankan rukun islam yang kelima itu dan juga harus menjaga kekompakan sesama CJH. “Penting menjadi perhatian bersama agar semua CJH asal Haltim pergi dan kembali dalam keadaan selamat sehat walafiat”. Ucapnya

Kesehatan CJH Haltim berada pada derajat yang rendah dan beresiko tinggi. Hal ini disebabkan Faktor Usia, Karena sebagian besar pada usia 70an tahun keatas. Kepala Kantor Kementerian Agama (KakanKemenag) Haltim Syaiful Djafar Arfa pada cara Pelepasan CJH mengatakan secara umum Kondisi CJH rata-rata berusia 27 tahun sampai 78 tahun dengan berbagai latar belakang yang berbeda.

Keberangkatan CJH ke Ternate dibagi dalam Dua trip, yakni Senin (8/7) dan sisanya baru akan diberangkatkan Selasa(9/7). Sementara  CJH Haltim yang masuk dalam Kelompok Terbang 7 bersama Kota Ternate dan Tidore Kepulauan. Keberangkatan dari Ternate ke Embarkasi Makassar dijadwalkan 10 Juli dan Haltim Jatah penerbangan Pertama. Selanjutnya dari Makassar ke Madinah pada 11 Juli. (BKS)