Sosialisasi dan Bimtek SP4N Lapor Kabupaten Halmahera Timur

Sosialisasi dan Bimtek SP4N Lapor Kabupaten Halmahera Timur

Haltimkab.go.id - Upaya mewujudkan pelayanan publik yang prima, Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Halmahera Timur (HALTIM) Provinsi Maluku Utara (MALUT) menggelar sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduam Pelayanan Publik Nasional (SP4N)- Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Senin 29/08/22
 
Nurdin Hadi, S.P MM, selaku Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan saat sambutan mengatakan, dengan adanya sistem tersebut, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi lebih aktif dan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik.
 
Lebih lanjut dikatakannya, Lembaga pengelola SP4N-LAPOR! adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sebagai Pembina Pelayanan Publik, Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik.

"SP4N-Lapor! telah menjadi sarana aspirasi dan pengaduan online yang mudah diakses dan terpadu secara nasional. Hal tersebut guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan program dan kinerja pemerintah untuk penyelenggaraan pembangunan". Ujarnya

Terpisah Plt.Diskominfo Haltim Zubaidah Komdan sebagai pemateri menyebutkan sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi SP4N-LAPOR! kepada masyarakat yang bisa di akses melalui website pemkabhaltim melalui link haltimkab.go.id submenu Suara Rakyat.

“Sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik yang lebih baik,” jelasnya.

 Zubaidah menambahkan SP4N-LAPOR dapat membantu Pemerintah Daerah mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan sampai ke tingkat Nasional tentang layanan berbasis elektronik untuk mendorong layanan prima kepada masyarakat.

Ia berharap dengan adanya sistem SP4N-LAPOR, masyrakat untuk tidak segan melaporkan bila ada pelayanan yang tidak baik diberikan kepada masyrakat, sehingga laporan tersebut akan kami sampaikan kepada instansi terakit untuk segera ditindaklanjut, agar pemerintah daerah dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyrakat “Ini juga termasuk visi dan misi kepala daerah kita yang terpilih,” pungkasnya.