BUPATI DAN WABUP LETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN BTS SITE WACI KECAMATAN MABA SELATAN

BUPATI DAN WABUP LETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN BTS SITE WACI KECAMATAN MABA SELATAN

Haltimkab.go.id - Warga desa Waci dan Peteley di Kecamatan Maba Selatan, Halmahera Timur bakal menikmati akses internet telekomunikasi yang memadai. Konektivitas jaringan jenis Base Tranceiver Sation atau BTS resmi dibangun.

Pembangunan BTS Tower mini yang dipusatkan di Desa Waci tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Ubaid Yakub dan Wakil Bupati Anjas Taher, bersama Plt.Kadis Kominfo Zubaida Komdan,SE ditambah perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Slamet Sugeng. Senin, 5 Agustus 2022.  

Ubaid Yakub mengatakan, pembangunan 42 tower mini ini ditargetkan di enam Kecamatan yang masuk dalam kategori Blank Spot (Lokasi yang belum mendapatkan jaringan telekomunikasi). Enam kecamatan tersebut bakal menjadi prioritas pembangunan BTS oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Halmahera Timur pada tahun ini.

“Untuk tahun 2022 ada 42 site yang akan dibangun. Alhamdulillah dari 42 site, yang sudah dibangun sebanyak dua tower yaitu di Desa Wasileo dan Pekaulang, sementara dua lainnya masih dalam proses pekerjaan” katanya.

Ubaid mengatakan, pembangunan menara seluler BTS ini dianggap penting untuk membantu masyarakat yang belum tersentuh oleh jaringan telekomunikasi. Terutama bagi pelajar yang mengikuti proses belajar mengajar online. 

“Kami berterima kasih kepada BAKTI yang sudah memberi perhatian lebih untuk Halmahera Timur. Ini akan sangat membantu proses belajar mengajar online khususnya siswa siswi desa waci dan peteley serta masyrakat maba selatan pada umumnya” ucapnya.

“Saya meminta kepada Kepala Dinas Kominfo dan Kepala Dinas Perhubungan agar segera berkoordinasi dengan pihak bandara Buli terkait pembangunan tower di Pekaulang karena ada sedikit disturbance (gangguan), pada proses penerbangan pesawat nanti. Jadi secepatnya berkoordinasi agar bisa mencari solusi dan jalan keluar”  sambung Ubaid.

Fiberhome Technologies Indonesia Eddy Sumardi mengatakan, tahun 2022 ini pihaknya sudah mendapatkan laporan dari Kepala Dinas Kominfo Halmahera Timur Zubaida Komdan bahwa, lebih dari 22 dari 29 site atau lokasi yang sudah siap dibangun tower mini oleh Badan Aksesibilitas Telekomunkasi dan Informasi atau BAKTI. 

“Tinggal tujuh yang kami paralelkan, kenapa diparalelkan karena kami masih menunggu sesuai yang saya sudah laporkan ke pak Bupati menyangkut Retribusi. Daerah Buli, sekitar ada 6 lokasi yang kami sudah survey dengan pihak otoritas bandara Manado dan kami sudah mendapatkan rekomendasi. Hanya saja ada aturan baru maksimal harus 15 kilometer radius dari bandara. Jadi kami butuh bantuan Pemda untuk berkoordinasi lagi, karena berdekatan dengan bandara takutnya dari pihak bandara berhentikan pekerjaan pembangunan” papar Eddy.

Menyikapi kondisi diatas, Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur saat ini sedang menjalankan program yang diamanatkan oleh Pemerintah Pusat dalam bentuk kerja sama sesuai kebutuhan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Halmahera Timur Zubaida Komdan menambahkan "Dari Tahun 2018 sampai 2020 Kementrian Kominfo dan Informatika lewat BAKTI telah membangun 19 BTS yang tersebar di 6 Kecamatan. Kemudian, 2021-2022 BAKTI memprioritaskan wilayah-wilayah yang masih blank spot sebanyak 42 site" tuturnya

"Dari 42 site  pembangunan BTS ini, pada BATCH-1 yaitu site Wasileo dan site Pumlanga di Kecamatan Maba Utara telah selesai. Sedangkan 40 site di BATCH-2, 29 sedang dalam pelaksanaan termasuk site Desa Waci yang sementara ini akan mulai dibangun" sambungnya.

Ubaid juga berterima kasih kepada pemerintah desa dan masyrakat waci yang mendukung terlaksananya program pembangunan infrastruktur, khususnya keluarga Bapak Suleman Kayano yang menghibahkan sebidang tanah untuk pembangunan BTS tersebut.

“Saya Berharap masyarakat Desa Waci dan Peteley dapat mendukung pembangunan BTS ini yang Outcome nantinya dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, saya juga berterima kasih kepada bapak Suleman Kayano karena sudah menghibahkan sebidang tanah untuk pembangunan BTS ini, semoga menjadi amal Jariyah dan bermanfaat bagi banyak orang” tutupnya.

Reporter : Rudy Mochtar
Editor : Admin

Penulis
: admin
Sumber
:

Bagikan Berita :