Bupati Haltim Resmikan Pasar Rakyat Jiko Mobon Kota Maba

Bupati Haltim Resmikan Pasar Rakyat Jiko Mobon Kota Maba

haltimkab.go.id- Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) Ubaid Yakub meresmikan Pasar Rakyat Jiko Mobon Desa Soagimalaha Kecamatan Kota Maba Haltim.

Bupati Haltim Ubaid Yakub dalam sambutannya menyampaikan setelah diresmikannya Pasar Jiko dapat membantu kebutuhan masyarakat dalam peningkatan pendapatan dan perputaran ekonomi.

Orang nomor satu di Pemkab Haltim itu juga berharap kepada Dinas terkait yakni Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UKM agar dapat mendata semua lapak yang ada di pasar sehingga warga yang ingin berjualan dapat kebagian lapak.
Terlepas dari pasar Jiko Mobon, Bupati Ubaid juga memerintahkan ke Dinas Perindagkop agar menginventarisir beberapa pasar rakyat di daerah lain agar dapat di fungsikan secara maksimal.

“Saya lihat pasar Bicoli di Maba selatan itu juga belum sepenuhnya difungsikan oleh karena itu dinas bisa mampu mencaritahu apa kendala yang di hadapi untuk mengisi lapak yang ada di pasar,”pintanya.

Sementara itu Kepala dinas Perindagkop Rico Debituru dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pasar Jiko Mobon merupakan salah satu Pasar Tradisional yang Terletak di Desa Soagimalaha, Kecamatan Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur.

Kata dia Pasar itu memiliki Peran Penting dalam mendukung Perekonomian lokal dan menyediakan tempat bagi Masyarakat untuk melakukan aktivitas Perdagangan.

“Pada Tahun 2020, Pembangunan Pasar Jiko Mobon di Desa Soagimalaha Kecamatan Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur, di Bangun dengan Anggaran Rp 3 Miliyar yang bersumber dari Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Perdagangan RI, Proyek ini di kerjakan oleh PT Aftar Bumi Persada, dan mencakup Pembangunan fasilitas utama Pasar ,termasuk Kios – Kios en Parkir dan Fasilitas Sanitasi,” katanya, Selasa (03/9).

Lanjut dia, Meskipun Pembangunan telah selesai akhir Tahun 2020, Pasar itu belum di Fungsikan hingga saat ini karena beberapa kendala teknis dan Administrasi.

Dan Pada Tahun 2024 tambah Rico, Pemerintah Daerah mengalokasikan anggaran Sebesar Rp.750 Juta dari APBD untuk rehabilitas dan Penataan kembali Pasar Jiko Mobon, Proyek Rehabilitas ini dikerjakan oleh CV Sansibar Halmahera, dan difokuskan Pada Perbaikan Infrastruktur yang Rusak serta Penambahan Fasilitas Pendukung.

Peresmian Pasar tersebut selain dihadiri oleh Bupati Haltim, Hadir juga kepala dinas Perindagkop Dan seluruh staf, para pimpinan OPD di lingkup Pemkab Haltim,Camat Kota Maba Irwanto Maneke, Kepala desa Maba Sangaji, Kasman Mahmu, Kades Soagimalaha Ahad Lolopang serta warga masyarakat desa Soagimalaha.

Peresmian itu juga ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Haltim. (DiskominfoHT)

Penulis
: Admin
Sumber
: Faathiria Ear

Bagikan Berita :